dr. Harlan Sihombing Siapkan Strategi Ampuh Tingkatkan Pelayanan RSUD Doloksanggul

Humbahas,Mimbar
          Tak dipungkiri, kondisi pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doloksanggul akhir-akhir ini berangsur-angsur pulih atau semakin membaik dari situasi sebelumnya. Wujud nyata perubahan tersebut bisa terlihat dari tekstur gedung rumah sakit yang semakin berkembang dan fasilitas medis sebagai penunjang layanan kesehatan masyarakat yang terus dibenahi secara berkala. Publik berharap, Rumah sakit yang saat ini dipimpin oleh dr. Harlan Sihombing mampu memberikan terobosan yang menjamin terbangun nya kesehatan masyarakat. Sebab, kesehatan merupakan kunci penting tercapainya kesejahteraan masyarakat.
            Dalam kesempatan wawancara esklusif kepada Media, Selasa (16/1/2018) kemarin, dr. Harlan Sihombing mengaku ada beberapa indikator yang harus dilakukan dalam hal mencapai karya nyata dari terobosan yang nantinya diperbuat. Pertama, dirinya mengharapkan agar disiplin kerja yang sifat nya tegas dan mengikat dapat betul-betul diterapkan serius dan sungguh-sungguh oleh seluruh tenaga medis. Pick back dari implementasi kedisplinan tersebut tentu harus mendapat konvensasi yang real. Karena kesejahteraan pegawai dan para tenaga medis merupakan dasar penekanan untuk dapat bekerja lebih profesional.
            Selain itu katanya “ penyiapan perencanaan yang matang atas kebutuhan infrastruktur dalam mendukung pelayanan, hendaknya disesuikan dengan kemampuan para tenaga medis pada pemamfaatan alat-alat kesehatan yang disediakan. Perlengkapan alat-alat kesehatan yang belum dimiliki, seperti alat cuci darah dan Endeskopi tentunya menjadi faktor utama dalam menunjang peningkatan pelayan prima bagi masyarakat. Sehingga kepercayaan masyarakat kepada RSUD Doloksanggul kembali, dan serta merta pendapatan daerah jauh meningkat lebih dari yang dibayangkan.
            Ketersediaan dokter spesialist seperti ahli bedah, ahli penyakit dalam dan paru-paru, ahli kandungan, serta dokter anak  merupakan pertimbangan yang urgent dalam mewujudkan pelayanan super hebat guna mengatasi segala persoalan kesehatan yang dihadapi seluruh masyarakat Kabupaten  Humbang Hasundutan.  Untuk hal ini, Harlan mengaku pihak nya tengah menyusun ikatan kerjasama bersama kementerian kesehatan yang dituangkan dalam bentuk MoU, dan kemudian nantinya ditetapkan didalam Peraturan Bupati (Perbub) agar memiliki payung hukum. Dengan demikian, angka rujukan ke rumah sakit luar daerah menurun signifikan. Terwujudnya pelayanan tersebut, tentu akan berpotensi menarik pasien dari luar yang justru ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang disajikan Rumah kita” katanya.
            Sebagai langkah awal yang kongkret, pada saat sekarang  pihak RSUD doloksanggul telah menyusun AMDAL untuk disampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup. Hal ini sebagai bentuk keseriusan untuk mencapai tujuan dimaksud. Mengingat, sejauh evaluasi yang dilakukan, rumah sakit ini sama sekali belum memiliki AMDAL. Konsistensi ini diharapkan kedepan dapat meningkatkan klasifikasi rumah sakit ini, dari Tipe C menjadi Tipe B “tambahnya mengkahiri.
            Ketua Lembaga Pengamat Pelayanan Publik Sumut, Marlan Pasaribu saat diminta pandangannya Sabtu,(20/1/2018) menyarankan “ hendaknya pemerintah melalui dinas terkait atau Rumah Sakit Daerah sendiri membuat kegiatan bimtek penggunaan alat-alat kesehatan bagi para tenaga medis atau tenaga lainnya. Hal demikian bertujuan agar alat-alat kesehatan beroperasi dengan maksimal. Selain itu, roda pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut berjalan lancar dan baik.(fir)

Komentar