dr. Harlan Sihombing Siapkan Strategi Ampuh Tingkatkan Pelayanan RSUD Doloksanggul
Humbahas,Mimbar
Tak dipungkiri, kondisi
pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doloksanggul akhir-akhir ini
berangsur-angsur pulih atau semakin membaik dari situasi sebelumnya. Wujud nyata
perubahan tersebut bisa terlihat dari tekstur gedung rumah sakit yang semakin
berkembang dan fasilitas medis sebagai penunjang layanan kesehatan masyarakat
yang terus dibenahi secara berkala. Publik berharap, Rumah sakit yang saat ini
dipimpin oleh dr. Harlan Sihombing mampu memberikan terobosan yang menjamin
terbangun nya kesehatan masyarakat. Sebab, kesehatan merupakan kunci penting
tercapainya kesejahteraan masyarakat.
Dalam kesempatan wawancara esklusif kepada Media, Selasa
(16/1/2018) kemarin, dr. Harlan Sihombing mengaku ada beberapa indikator yang
harus dilakukan dalam hal mencapai karya nyata dari terobosan yang nantinya diperbuat.
Pertama, dirinya mengharapkan agar disiplin kerja yang sifat nya tegas dan
mengikat dapat betul-betul diterapkan serius dan sungguh-sungguh oleh seluruh
tenaga medis. Pick back dari implementasi kedisplinan tersebut tentu harus mendapat
konvensasi yang real. Karena kesejahteraan pegawai dan para tenaga medis merupakan
dasar penekanan untuk dapat bekerja lebih profesional.
Selain itu katanya “ penyiapan perencanaan yang matang
atas kebutuhan infrastruktur dalam mendukung pelayanan, hendaknya disesuikan
dengan kemampuan para tenaga medis pada pemamfaatan alat-alat kesehatan yang
disediakan. Perlengkapan alat-alat kesehatan yang belum dimiliki, seperti alat
cuci darah dan Endeskopi tentunya menjadi faktor utama dalam menunjang
peningkatan pelayan prima bagi masyarakat. Sehingga kepercayaan masyarakat
kepada RSUD Doloksanggul kembali, dan serta merta pendapatan daerah jauh
meningkat lebih dari yang dibayangkan.
Ketersediaan dokter spesialist seperti ahli bedah, ahli
penyakit dalam dan paru-paru, ahli kandungan, serta dokter anak merupakan pertimbangan yang urgent dalam
mewujudkan pelayanan super hebat guna mengatasi segala persoalan kesehatan yang
dihadapi seluruh masyarakat Kabupaten
Humbang Hasundutan. Untuk hal
ini, Harlan mengaku pihak nya tengah menyusun ikatan kerjasama bersama
kementerian kesehatan yang dituangkan dalam bentuk MoU, dan kemudian nantinya ditetapkan
didalam Peraturan Bupati (Perbub) agar memiliki payung hukum. Dengan demikian,
angka rujukan ke rumah sakit luar daerah menurun signifikan. Terwujudnya pelayanan
tersebut, tentu akan berpotensi menarik pasien dari luar yang justru ingin
mendapatkan pelayanan kesehatan yang disajikan Rumah kita” katanya.
Sebagai langkah awal yang kongkret, pada saat sekarang pihak RSUD doloksanggul telah menyusun AMDAL
untuk disampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup. Hal ini sebagai bentuk keseriusan untuk
mencapai tujuan dimaksud. Mengingat, sejauh evaluasi yang dilakukan, rumah
sakit ini sama sekali belum memiliki AMDAL. Konsistensi ini diharapkan kedepan
dapat meningkatkan klasifikasi rumah sakit ini, dari Tipe C menjadi Tipe B “tambahnya
mengkahiri.
Ketua Lembaga Pengamat Pelayanan Publik Sumut, Marlan
Pasaribu saat diminta pandangannya Sabtu,(20/1/2018) menyarankan “ hendaknya
pemerintah melalui dinas terkait atau Rumah Sakit Daerah sendiri membuat
kegiatan bimtek penggunaan alat-alat kesehatan bagi para tenaga medis atau
tenaga lainnya. Hal demikian bertujuan agar alat-alat kesehatan beroperasi
dengan maksimal. Selain itu, roda pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut
berjalan lancar dan baik.(fir)
Komentar
Posting Komentar